Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Perangkat Kurikulum Merdeka PPKN Lengkap !

Kurikulum Merdeka ialah pengembangan pendidikan yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan kreasi, kemandirian, dan ketrampilan pelajar supaya jadi pribadi yang berkualitas sesuai tuntutan jaman. Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) mempunyai peranan penting saat membuat watak bangsa, meningkatkan pengetahuan mengenai beberapa nilai Pancasila, dan perkuat rasa cinta tanah air dan perhatian pada kehidupan bermasyarakat, berkebangsaan, dan bernegara.

Kumpulan Perangkat Kurikulum Merdeka PPKN Lengkap !

Tujuan Evaluasi

Memperkuat Kesadaran Kewarganegaraan: Meningkatkan kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai masyarakat negara yang bagus, dan pahami keutamaan keterlibatan aktif di kehidupan berkebangsaan dan bernegara.

Pahami Nilai-Nilai Pancasila: Perkuat pengetahuan pelajar mengenai beberapa nilai mulia Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia.

Membuat Toleran dan Persatuan: Menggerakkan sikap toleran, menghargai ketidaksamaan, dan perkuat persatuan dan kesatuan dalam keanekaragaman budaya, suku, agama, dan ras.

Meningkatkan Ketrampilan Berpikiran Krisis: Latih pelajar untuk menganalisa, menilai, dan mengaitkan informasi berkaitan dengan beberapa masalah sosial, politik, dan budaya.

Menggiatkan Semangat Kepimpinan: Meningkatkan kekuatan kepimpinan dan kekuatan berbicara efisien untuk berperanan aktif dalam pembangunan bangsa.

Susunan Kurikulum

Pengenalan Pancasila: Pahami sejarah, filosofi, dan beberapa nilai dasar Pancasila sebagai ideologi negara.

Kewarganegaraan: Mempelajari hak dan kewajiban masyarakat negara, dan ikut serta di kehidupan berkebangsaan dan bernegara.

Demokrasi dan HAM: Mempelajari beberapa prinsip demokrasi, pemilu, dan hak asasi manusia sebagai dasar negara hukum.

Kebudayaan dan Keanekaragaman: Hargai dan menjaga kekayaan budaya dan keanekaragaman Indonesia untuk sumber kemampuan bangsa.

Ekonomi Kerakyatan: Pahami konsep ekonomi kerakyatan dan ikut serta dalam pembangunan ekonomi nasional.

Ketahanan Nasional: Pahami ide dan usaha menjaga kedaulatan, kesatuan, dan keselamatan nasional.

Sistem Evaluasi

Dialog: Menggerakkan pelajar untuk berunding dan berdiskusi mengenai desas-desus kontemporer yang terkait dengan PPKN.

Study Kasus: Memakai study kasus untuk pahami implementasi beberapa nilai Pancasila di kehidupan setiap hari.

Replikasi: Lakukan replikasi pemilihan umum , pemilihan kepimpinan kelas, atau aktivitas yang lain mengikutsertakan pelajar langsung.

Lawatan Lapangan: Berkunjung lembaga-lembaga pemerintah, ormas, atau beberapa tempat monumental untuk membuat bertambah pengetahuan pelajar mengenai mekanisme dan kehidupan berkebangsaan dan bernegara.

Evaluasi Berbasiskan Project: Menggerakkan pelajar untuk lakukan riset dan beberapa proyek yang terkait dengan desas-desus sosial dan politik yang terdapat disekitaran mereka.

Ringkasan

Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) mempunyai tujuan untuk membuat angkatan muda yang mempunyai kepandaian emosional, sosial, dan krisis, dan memiliki jiwa Pancasila. Lewat pendekatan yang inovatif dan berkaitan, diharap pelajar sanggup jadi agen peralihan yang berperan positif untuk perkembangan negara dan bangsa.

Berikut Perangkat Kurikulum Merdeka Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dapat dilihat pada daftar informasi dibawah ini:

IKM PKN Kelas 7
IKM PKN Kelas 10 

Post a Comment for "Kumpulan Perangkat Kurikulum Merdeka PPKN Lengkap !"